Kasus FRAUD TI yang Telah terjadi selama ini dan Faktor Penyebabnya

Banyak kasus-kasus Fraud TI yang telah dialami oleh berbagai negara di dunia, tidak hanya di Indonesia saja, Fraud tersebut semata-mata bukan hanya karena ada orang yang dendam atau memang sengaja untuk berbuat curang, tapi banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

Ada beberapa kasus Fraud IT dan faktor yang menyebakan seseorang atau sebuah lembaga mendapatkan kecurangan:

a. Tidak Tahu
Hal ini adalah hal yang paling sering diungkapkan oleh "korban", karena ketidak tahuan merekalah yang menyebabkan kecurangan itu terjadi. Ada kasus yang mungkin banyak orang yang sering mengalami yaitu:
kecurangan pada saat service perangkat komputer, pada hal ini mungkin orang yang tidak tahu tentang komponen-komponen yang ada didalam komputer akan sangat mudah "dicurangi" oleh si "tukang service", disuruh membeli komponen inilah, komponen itulah, yang padahal ga perlu diganti, dan yang parahnya lagi udah beli, eh digantinya pake yang "bekas" lagi, kan bikin kesel aja, tapi yang paling bodohnya lagi, kita sebagai orang awam atau si "orang tidak tahu" itu tidak bisa berbuat apa-apa dan tidak bisa menuntut apa", karena sebelum kita mengambil kembali komputer kita,,kita udah setuju dengan semua perjanjian itu.

b. Kesempatan
Dalam hal ini mungkin lebih sering dikatakan oleh si "tukang curang", pada saat ditanya mengapa kamu berbuat curang? kebanyakan jawaban dari mereka adalah "kesempatan", nah oleh karena itu, mereka memanfaatkan kesempatan yang menurut mereka sangat bagus, padahal kenyataanya malah ngerugiin kita-kita sebagai "korban", saya akan coba beri contoh satu kasus tentang hal ini:
pada kasus "Email scammer" atau "Phising" yang terjadi di negara Amerika, yang dimana pada tahun 2008 akibat topan Katrina, ribuan atau bahkan jutaan orang-orang Amerika mendapatkan email palsu yang berisi mengenai topan katrina tersebut, yang mengaku-ngaku dari sebuah organisasi yang menghimpun amal yang meminta sumbangan. Seorang phiser tahu benar bagaimana cara memanfaatkan kesempatan yang ada, dalam kondisi masyarakat selama masa stres akibat topan katrina yang melanda.


Mungkin masih banyak lagi kasus-kasus FRAUD IT yang ada, dan ga mungkin saya tulis semuanya atuh,,nti takut yang laen ga kebagian,,cukup sekian dan terima kasih...

0 komentar:



Posting Komentar