E-Gov di Indonesia

apa sih e-gov itu?? menurut saya e-gov itu adalah pemerintahan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan elektronik, namun saat ini, kata-kata itu mungkin masih asing buat orang-orang yang tidak mengenal elektronik yang membantu dalam membuat pemerintahan menggunakan bantuan elektronik. Bagaimana tidak?? mungkin masih banyak daerah-daerah yang tidak terjamah oleh bantuan alat elektronik apalagi komputer.

Nah hal ini juga harus menjadi "PR" untuk pemerintah, bagaimana kita pengen tahu sejauh mana e-gov di Indonesia, kalau hal yang telah saya sebutkan diatas, masih dalam "PR".

Kalu buat saya e-gov di Indonesia masih belum sempurna, masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi, dari masalah Pendidikan hingga masalah Pendudukan.

Mungkin saya ingin memberi saran saja

Pertama, pemerintah kita harusnya dapat lebih serius lagi dalam melakukan perbaikan hal e-gov ini, dari mulai melakukan survey sistem dari berbagai macam daerah, apakah sistem tersebut masih ter"update" atau tidak. Nah dengan begitu akan lebih mudah untuk melaksanakan pengidentifikasian terhadap masalah yang ada dan yang akan datang.

Kedua, pemerintah juga harus melihat dari segi kebutuhan pengguna dan ketersediaan anggaran, hal ini juga dapat menentukan sejauh mana prioritas spesifikasi yang akan dijalankan.

Ketiga, pemerintah juga sebaiknya lebih belajar dari pengalaman selama menjalankan suatu e-gov selama ini, dan termasuk pula hasil survei-survei yang telah didapat.

Saya hanya dapat berpendapat seperti itu, semoga dapat bermanfaat..

0 komentar:



Posting Komentar